Kebijakan/Pendoman |
Isi |
Grup Sasaran |
1. Kebijakan Kepatuhan
(Diperbarui 2024) |
Kebijakan ini menguraikan program kepatuhan HeidelbergCement mengenai:
- Tanggung jawab (kepatuhan manajemen umum dan khusus)
- Kepatuhan dalam entitas bersama
- Konten dan alat
- Sanksi jika terjadi ketidakpatuhan
|
Manajemen Tingkat atas |
2. Pedoman Perilaku Bisnis
(Diperbarui 2024)
|
Kode Perilaku Bisnis menetapkan standar etika dan hukum untuk kegiatan bisnis sehari-hari dalam hal
- Kepatuhan terhadap hukum dan kebijakan internal yang berlaku
- Hukum antimonopoli
- Kesehatan dan keselamatan
- Masalah lingkungan dan keberlanjutan
- Hak asasi manusia
- Topik-topik lain mengenai kepatuhan
Penekanan diberikan pada tanggung jawab seluruh karyawan untuk menegakkan standar ini dan fakta bahwa pelanggaran tidak akan ditoleransi.
|
Seluruh karyawan |
3. Pedoman Anti Korupsi
(Diperbarui 2023) |
Dokumen ini memberikan panduan dalam situasi yang bisa timbul sebagai risiko korupsi, seperti:
- Memberi atau menerima hadiah atau keramahtamahan ke atau dari bisnis mitra,
- Memberi hadiah atau keramahtamahan sehubungan dengan perwakilan pihak berwenang,
- Konflik kepentingan
- Kegiatan kemasyarakatan perusahaan,
- Kerjasama dengan agen dan penasihat
- Proyek merger dan akusisi
Langkah-langkah mitigasi risiko termasuk:
- Rotasi personil
- Integritas dua orang dan pemisahan tugas
- Dokumentasi yang memadai
- Informasi dan pelatihan karyawan yang terkena risiko korupsi
|
- Seluruh Karyawan dan fokus pada Manajemen
- Karyawan yang terlibat dalam pengadaan, misalkan karyawan pembelian atau engineer (misalkan dengan penentuan spesifikasi)
- Karyawan dari departemen spesialis yang menggunakan penyedia layanan eksternal (misalnya pengacara, akuntan, auditor, konsultan, dll.)
- Pegawai departemen yang bertanggung jawab memperoleh izin pemerintah dari segala jenis dan persetujuan lainnya
- Karyawan penjualan
- Karyawan yang terlibat dalam akuisisi perusahaan
- Karyawan yang terlibat dalam corporate citizenship kegiatan (sponsorship, donasi, dll.) yang dilakukan bersamaan dengan proyek HC CAPEX.
|
4. Pedoman Hukum Persaingan
(Diperbarui 2021) |
Pedoman ini memberikan gambaran atas topik berikut:
- Tanggung jawab terkait dengan hukum persaingan
- Pelanggaran hukum persaingan yang relevan dengan bisnis perusahaan dan konsekuensi hukum yang ada
- Aturan perilaku untuk menghindari pelanggaran hukum persaingan
- instruksi untuk melakukan investigasi terkait hukum persaingan
- Melaporkan insiden hukum persaingan
- Pelaksanaan dan persyaratan minimum untuk pedoman hukum persaingan nasional
- Langkah-langkah mitigasi, seperti:
- Dokumentasi yang memadai
- Penilaian risiko tahunan
- Informasi dan pelatihan karyawan yang terkena risiko hukum persaingan risiko
- Aturan kepatuhan terhadap regulasi khusus tentang semen abu-abu atau produk turunan semen yang berlaku untuk untuk negara-negara European Economic Area (EEA)
|
- Manajemen tingkat atas
- Manajer dan petugas penjualan
- Manajer dan petugas pembelian
- Manajer dan karyawan yang terlibat dalam pengadaan
- Proyek merger dan akusisi
- Semua karyawan lainnya terkena risiko hukum persaingan
|
5. Pedoman Manajemen Kasus dan Laporan Insisden Kepatuhan
(Diperbarui 2022) |
Dokumen ini memberikan panduan tentang:
- Jenis insiden yang dilaporkan sebagai insiden kepatuhan
- Berbagai saluran pelaporan
- Bagaimana insiden kepatuhan harus dilaporkan
- Bagaimana proses penyidikan diatur (tanggung jawab, waktu, dokumentasi, komunikasi, dll.)
- Pihak mana yang perlu diinformasikan dalam organisasi jika terdapat kasus insiden kepatuhan yang perlu dilaporkan
- Mengamankan data jika pelanggaran kepatuhan yang terjadi diduga sangat parah
- Pihak yang bertanggung jawab untuk langkah-langkah perbaikan dalam kasus perilaku yang terbukti bersalah
- Prinsip-prinsip investigasi
|
Seluruh Karyawan |
6. Kebijakan Sanksi Perdagangan
(Diperbarui 2023) |
Kebijakan ini memuat:
- Gambaran sanksi perdagangan nasional dan internasional
- Jenis sanksi perdagangan Uni Eropa dan Amerika Serikat serta ruang lingkup penerapan
- Rincian tentang tanggung jawab pada Group dan tingkat lokal
|
- Manajemen tingkat atas
- Manajer dan petugas penjualan
- Manajer dam petugas pembelian
- Manajer dan petugas HR
- Manajer dan karyawan yang terlibat dalam pengadaan dan proyek merger dan akusisi
- Semua karyawan dibebankan dengan skrining mitra bisnis untuk kepatuhan sanksi perdagangan
|
7. Kebijakan Hak Asasi Manusia
(Diperbarui 2022) |
Kebijakan ini menentukan:
- Komitmen HC terhadap daftar dokumen hak asasi manusia yang berbeda
- Penerapan hak asasi manusia dalam hubungan kita dengan:
- Karyawan,
- Pemasok dan pelanggan
- Sekitar lokasi (corporate citizenship)
|
Seluruh Karyawan |
8. Kebijakan Anti Pencucian Uang
(Diperbarui 2023) |
Kebijakan khusus HC group:
- Berkewajiban untuk mencegah pencucian uang
- Peraturan untuk pembayaran tunai
- Pendekatan manajemen risiko pencucian uang
|
- Bendahara/staf yang terlibat dalam transaksi keuangan
- Pemohon data master (pembelian, penjualan)
- Administrasi master data
- Semua karyawan yang terlibat dalam pemilihan mitra usaha dan transaksi bisnis
|