Tata Kelola

Tata Kelola

Program Dewan Komisaris

Pelaksanaan Tugas Dewan Komisaris

Sehubungan dengan pandemi COVID-19, Dewan Komisaris melakukan kegiatan pertemuan secara daring dan bahkan kegiatan rutin kunjungan ke lokasi Pabrik Indocement tidak dapat dilakukan. Namun demikian pada 2020, Dewan Komisaris telah menjalankan fungsi, tugas dan tanggung jawabnya dengan rincian sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan enam kali rapat Dewan Komisaris;
2. Menyelenggarakan tiga kali rapat gabungan Dewan Komisaris dan Direksi;
3. Menghadiri tiga kali rapat yang diadakan oleh Direksi;
4. Menghadiri rapat yang dilakukan dengan komite-komite di bawah Dewan Komisaris;
5. Melalui Komite Audit, memberikan evaluasi atas kinerja Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja (anggota dari Ernst & Young Global Limited) yang telah mengaudit buku Perseroan pada tahun buku 2019;
6. Mengusulkan dan memberi rekomendasi penunjukan Kantor Akuntan Publik Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Partner (firma anggota PricewaterhouseCoopers) untuk mengaudit buku Perseroan tahun 2020;
7. Menyetujui rencana operasional Perseroan tahun 2021;
8. Menyetujui rencana Direksi untuk melakukan distribusi dividen interim tahun buku 2020.
9. Memonitor temuan/rekomendasi dari Komite Audit dan tindak lanjutnya oleh Direksi.
10. Menyampaikan arahan dan nasihat kepada Direksi terutama terkait dengan kinerja Perseroan.

Program Orientasi Dewan Komisaris

Anggota Dewan Komisaris yang diangkat untuk pertama kalinya diberikan program orientasi/pengenalan mengenai Perseroan. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang visi, misi dan nilai-nilai Perseroan, kode etik dan pedoman tingkah laku, struktur organisasi, serta pedoman dan tata tertib kerja Dewan Komisaris.

Perkenalan Dewan Komisaris yang baru diangkat diadakan saat pengangkatan anggota Dewan Komisaris melalui RUPS dan dalam rapat yang diadakan oleh Dewan Komisaris. Program orientasi ini juga dilakukan untuk memberikan gambaran umum terhadap terhadap rencana bisnis strategis Perseroan, informasi mengenai kegiatan bisnis utama, garis besar tugas dan kegiatan Dewan Komisaris berdasarkan peraturan/perundang-undangan yang berlaku.

Pada 2020, program orientasi Dewan Komisaris tidak dilaksanakan karena komposisi Dewan Komisaris Perseroan tidak mengalami perubahan.

Peningkatan Kompetensi Dewan Komisaris

Sebagai wujud pelaksanaan pembelajaran secara berkelanjutan, Dewan Komisaris setiap tahunnya melakukan program pengembangan kompetensi yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan/kompetensi Dewan Komisaris. Sepanjang 2020 pelatihan dan seminar yang pernah diikuti Dewan Komisaris adalah sebagai berikut:

 

FOLLOW US ON