Keberlanjutan
Perseroan memandang kepuasan pelanggan sebagai kunci untuk mengembangkan usaha di masa depan dan oleh karenanya Perseroan menempatkan kepuasan pelanggan sebagai bentuk pelayanan yang fundamental untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, salah satu langkah yang dilakukan Perseroan adalah menjaga kualitas produk. Perseroan mengkoordinasikan berbagai upaya untuk menjamin kualitas produk agar sesuai dengan yang diinginkan konsumen, sesuai dengan ketentuan dalam kontrak pembelian, dan sesuai dengan spesifikasi produk yang dicantumkan pada brosur marketing (marketing kit) maupun bahan presentasi pemasaran.
Perseroan juga berkomitmen untuk menjaga konsistensi mutu dengan menerapkan kebijakan mutu yang menjamin pengendalian mutu dilaksanakan pada setiap tahapan produksi sehingga menjamin hasil mutu dari produk yang dihasilkan memiliki kualitas yang secara konsisten memenuhi persyaratan.
Cakupan dan lingkup tanggung jawab Perseroan terhadap konsumen adalah sebagaimana yang diatur dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, khususnya pasal 7 yang mengatur kewajiban pelaku usaha, yaitu:
Informasi Produk
Indocement memberikan infomasi yang jelas pada setiap produk yang dihasilkannya. Pada kemasan produk, Perseroan selalu mencantumkan spesifikasi produk termasuk kandungan di dalamnya, petunjuk penggunaan dan prosedur keselamatan. Hal ini ditujukan untuk memudahkan konsumen untuk memperoleh produk sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, Indocement juga menyediakan berbagai media yang dapat digunakan konsumen untuk memperoleh informasi terhadap produk yang dipasarkan, antara lain melalui situs web Indocement, situs web Semen Tiga Roda, situs web Semen Rajawali, iklan di media konvensional, brosur dan sosial media.
Komunikasi dan Edukasi
Agar konsumen lebih mengetahui spesifikasi dan pengaplikasian produk yang dipasarkan, Perseroan menjalankan program komunikasi dan edukasi. Salah satu langkah yang dilakukan Perseroan adalah dengan membangun komunikasi dua arah dengan pelanggan. Langkah ini sekaligus untuk meningkatkan mutu layanan kepada pelanggan.
Beberapa program komunikasi dan edukasi yang dijalankan Perseroan antara lain:
Keselamatan dan Kesehatan Pelanggan
Indocement melakukan proses bisnis dengan menjalankan prosedur operasi yang terakreditasi, mulai dari tahap perencanaan hingga distribusi produk. Selain itu, Perseroan juga menetapkan standar keamanan dan kesehatan yang terakreditas untuk mengurangi gangguan keselamatan dan kesehatan bagi konsumen.
Untuk memastikan keselamatan konsumen, Perseroan memproduksi semen kemasan kantong dengan berat 40 kilogram dan 50 kilogram. Sesuai dengan maksimum berat beban ergonomi yang dapat diangkat manusia tanpa alat bantu.
Perseroan melengkapi setiap produk yang dihasilkan dan dijual kepada pelanggan, dengan informasi mengenai kualitas maupun spesifikasi lainnya, yang tercantum di bagian luar kemasan dan memuat tentang:
Saluran Pengaduan Pelanggan
Indocement memiliki pusat layanan pelanggan yang dapat dimanfaatkan pelanggan untuk memperoleh informasi terkait produk dan layanan Perseroan serta sebagai wadah untuk penyampaian komplain pelanggan, yaitu melalui:
Selama 2023, terdapat 176 pengaduan pelanggan dan seluruhnya (100%) telah diselesaikan oleh unit terkait.