Tata Kelola

Tata Kelola

Pedoman Komite Nominasi dan Remunerasi

KOMITE NOMINASI DAN REMUNERASI

Komite Nominasi dan Remunerasi dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris dalam memastikan terlaksananya prinsip-prinsip GCG dan standar etika Perseroan dengan fungsi utama untuk pengawasan hal-hal yang terkait dengan kebijakan remunerasi dan nominasi.

Dasar Hukum
1. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 34/ POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Komite Nominasi dan Remunerasi Emiten atau Perusahaan Publik;
2. Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 21/ POJK.04/2015 tanggal November 2015 tentang Penerapan Pedoman Tata Kelola Perusahaan Terbuka;
3. Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor 005/Kpts/ Kom/ITP/V/2015 tanggal 13 Mei 2015;
4. Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor 003/Kpts/ Kom/ITP/V/2017, tanggal 22 Mei 2017.

Pedoman Kerja Komite Nominasi Dan Remunerasi
Komite Nominasi dan Remunerasi memiliki Piagam Komite Nominasi dan Remunerasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, berisikan mengenai pedoman dan tata tertib kerja yang dengan jelas mendefinisikan tugas, tanggung jawab dan lingkup pekerjaan dalam melaksanakan tugasnya secara transparan, kompeten, obyektif dan independen.

Piagam Komite Nominasi dan Remunerasi telah disetujui dan ditanda tangani oleh Dewan Komisaris pada tanggal 4 Desember 2015, dengan penetapan dalam Surat Keputusan Dewan Komisaris Nomor 007/Kpts/Kom/ITP/ XII/2015.

Komposisi Keanggotaan Komite Nominasi Dan Remunerasi
Dewan Komisaris memiliki wewenang untuk mengangkat dan memberhentikan anggota Komite Nomisasi dan Remunerasi. Komite Nomisasi dan Remunerasi terdiri dari minimal tiga orang:
1. Satu orang Komisaris Independen yang akan bertindak sebagai Ketua Komite
2. Dua orang anggota lainnya dapat berasal dari anggota Dewan Komisaris atau pihak di luar Perseroan atau orang yang memiliki posisi manajerial di bawah Direksi yang membidangi sumber daya manusia.

Anggota Komite Nominasi dan Remunerasi diseleksi berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh OJK dengan masa jabatan anggota Komite Nominasi dan Renumerasi tidak boleh melebihi masa jabatan Dewan Komisaris dan dapat diangkat kembali.

Struktur dan komposisi Komite Nominasi dan Remunerasi Indocement dapat dilihat di Menu Tentang Kami >> Management

Independensi Komite Nominasi dan Remunerasi

Tugas dan Tanggung Jawab Komite Nominasi dan Remunerasi
Tugas dan tanggung jawab Komite Nominasi dan Remunerasi sebagaimana disebutkan dalam Piagam Komite Nominasi dan Remunerasi adalah sebagai berikut:

Tugas
1. Komite Nominasi dan Remunerasi menjalankan tugasnya secara independen.
2. Dalam menjalankan tugasnya, Komite Nominasi dan Remunerasi bertanggung jawab kepada Dewan Komisaris.

Tanggung Jawab
1.Berkaitan dengan fungsi nominasi
  a. menyusun dan memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai:
     • komposisi jabatan anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris;
     • kebijakan dan kriteria yang dibutuhkan dalam proses nominasi; dan
     • kebijakan evaluasi kinerja bagi anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris;
  b. membantu Dewan Komisaris melakukan penilaian kinerja anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris berdasarkan tolak ukur yang telah disusun sebagai bahan evaluasi;
  c. memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai program pengembangan kemampuan anggota Direksi dan/atau Dewan Komisaris;
  d. memberikan usulan calon yang memenuhi syarat sebagai anggota Direksi dan/atau anggota Dewan Komisaris kepada Dewan Komisaris untuk disampaikan kepada RUPS.
2.Berkaitan dengan fungsi remunerasi
  a. memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris mengenai:
     • struktur remunerasi;
     • kebijakan atas remunerasi;
     • besaran atas remunerasi;
  b. membantu Dewan Komisaris melakukan penilaian kinerja dengan kesesuaian remunerasi yang diterima masing-masing anggota Direksi dan/atau Dewan Komisaris.

Rapat Komite Nominasi dan Remunerasi
Komite Nominasi dan Remunerasi mengadakan rapat sesuai dengan kebutuhan, sedikitnya satu kali dalam empat bulan setiap tahun, agar dapat memenuhi tanggung jawab dan tugasnya dengan dihadiri oleh Ketua dan sekurang-kurangnya 50% dari jumlah anggota.

Frekuensi dan Kehadiran Rapat

Sepanjang 2020, Komite Nominasi dan Remunerasi menyelenggarakan rapat sebanyak 3 kali, dengan agenda dan tingkat kehadiran masing-masing anggota Komite Nominasi dan Remunerasi sebagai berikut:

Laporan Pelaksanaan Program Kerja Nominasi dan Remunerasi

Selama 2020, Komite Nominasi dan Remunerasi melakukan kegiatan-kegiatan sebagai berikut:

Rekomendasi Komite Nominasi dan Remunerasi
Komite Nominasi dan Remunerasi akan memberikan rekomendasi kepada Dewan Komisaris terkait bidang yang menjadi tanggungjawabnya. Sepanjang tahun 2018, rekomendasi yang diberikan Komite Nominasi dan Remunerasi adalah sebagai berikut:
1. Rekomendasi remunerasi Direksi dan honorarium Dewan Komisaris tahun buku 2018.
2. Rekomendasi nominasi susunan Dewan Komisaris dan Direksi, termasuk Komisaris Independen, dengan masa jabatan sejak penutupan RUPS Tahunan tahun buku 2017 sampai dengan penutupan RUPS Tahunan Perseroan tahun buku 2020, yang akan diadakan pada tahun 2021.
3. Rekomendasi kriteria dan proses penilaian kinerja Dewan Komisaris, Direksi dan Komite dibawah Dewan Komisaris Perseroan.

Kebijakan Suksesi Direksi
Perencanaan suksesi Direksi merupakan tanggung jawab Komite Nominasi dan Remunerasi dalam mempersiapkan regenerasi dan menjaga kesinambungan kepemimpinan di masa mendatang. Dalam rangka mewujudkan proses dan mekanisme pemilihan dan penggantian anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang transparan, akuntabel dan dapat dipertanggungjawabkan maka pengangkatan dan pemberhentian dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip profesionalisme dan GCG.

Sebagai perusahaan terbuka, pengangkatan dan pemberhentian Direksi mengacu kepada peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 33/ POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisari Emiten atau Perusahaan Publik. Penunjukan calon anggota Direksi dilakukan melalui serangkaian prosedur yaitu penetapan bakal calon, penjaringan dan pengujian kompetensi. Bakal calon/kandidat Direksi harus memenuhi persyaratan formal, persyaratan materiil dan persyaratan lain yang telah ditetapkan.

Untuk mendapatkan kandidat terbaik, Perseroan selalu mengedepankan aspek profesionalisme dan tata kelola, baik untuk kandidat yang berasal dari internal Perseroan (talent management system) maupun dari pihak eksternal. Kandidat yang terpilih melalui mekanisme tersebut kemudian diajukan melalui RUPS untuk dimintai persetujuannya.

Program Pengembangan Kompetensi Komite Nominasi dan Remunerasi
Sepanjang 2020, anggota Komite Nominasi dan Remunerasi Indocement telah mengikuti berbagai program peningkatan kompetensi berupa pelatihan, workshop, konferensi maupun seminar, sebagaimana tabel berikut ini:

FOLLOW US ON