altimage
INTP:IJ Rp. 12.450 altimage 2,68%
22-Oct-2020 15:47
altimage
INTP:IJ Rp. 12450 altimage 2.68%
22-Oct-2020 15:47

Sekretaris Perusahaan

Sebagai perusahaan terbuka, Indocement wajib memiliki Sekretaris Perusahaan. Sekretaris Perusahaan bertanggung jawab dalam penyusunan kebijakan, perencanaan serta memastikan efektivitas dan transparansi komunikasi perusahaan, hubungan kelembagaan, hubungan investor dan pelaku pasar modal lainnya dengan tetap memperhatikan prinsip standar etika perusahaan, prinsip tata kelola perusahaan, dan nilai-nilai perusahaan. Selain daripada itu, Sekretaris Perusahaan wajib memastikan pemenuhan kepatuhan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Dasar Hukum
1. POJK Nomor 35/POJK.04/2014 tanggal 8 Desember 2014 tentang Sekretaris Perusahaan Emiten;
2. Keputusan Direksi PT Bursa efek Jakarta Nomor Kep- 305/BEJ/07-2004 tanggal 19 Juli 2004 (Peraturan NomorI-A tentang Pencatatan Saham dan Efek Bersifat Ekuitas Selain Saham Yang Diterbitkan Oleh Perusahaan Tercatat);
3. Surat Keputusan Direksi Nomor 003/Peng/CSD-Dir/ ITP/XII/2016 tanggal 5 Desember 2016.

Kriteria Sekretaris Perusahaan
Seperti tercantum dalam POJK Nomor 35/POJK.04/2014 Pasal 9, Sekretaris Perusahaan harus memenuhi persyaratan paling kurang:
1. cakap melakukan perbuatan hukum;
2. memiliki pengetahuan dan pemahaman di bidang hukum, keuangan, dan tata kelola perusahaan;
3. memahami kegi atan usaha emiten atau perusahaan publik;
4. dapat berkomunikasi dengan baik; dan
5. berdomisili di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Indocement telah memenuhi seluruh persyaratan tersebut.

Tugas Pokok

Sekretaris Perusahaan adalah orang perseorangan atau penanggung jawab dari unit kerja yang menjalankan fungsi sekretaris perusahaan, yang mempunyai tugas pokok untuk menjembatani komunikasi antara Perseroan dan masyarakat serta menjaga keterbukaan informasi. Sekretaris Perusahaan juga bertanggung jawab dalam memastikan Perseroan telah memenuhi prinsip-prinsip GCG serta semua peraturan perundang-undangan yang berlaku saat ini.

Profil Sekretaris Perseroan

Oey Marcos

Warga negara Indonesia, usia 47. Beliau bergabung dengan Indocement pada 2002. Sebelumnya beliau pernah bekerja sebagai General Manager of Finance & Accounting pada Sugar Group Companies di Lampung, auditor eksternal di kantor Akuntan Publik Prasetio, Utomo & Co. (anggota Arthur Andersen) dan menjabat berbagai posisi managerial di Indocement dan juga sebagai Direktur dan Komisaris di beberapa anak perusahan. Beliau meraih gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi  pada 1994 dari Universitas Trisakti, Jakarta, dan gelar Master of Management bidang Bisnis Strategik pada 2013 dari Institute of Business and Management Prasetia Mulya, Jakarta.

Struktur Organisasi Sekretaris Perusahaan
Fungsi Sekretaris Perusahaan Indocement dijalankan oleh salah satu Direktur Perseroan, yang pelaksanaan tugasnya dibantu oleh divisi Corporate Legal, Communication dan General Affair Division. Sehingga Struktur Organisasi dapat dilihat sebagai berikut:

Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan
Tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan meliputi antara lain:
(1) Mengikuti perkembangan Pasar Modal khususnya peraturan perundang-undangan yang berlaku di bidang Pasar Modal;
(2) Memberikan masukan kepada Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal; 
(3) Membantu Direksi dan Dewan Komisaris dalam pelaksanaan tata kelola perusahaan yang meliputi:
    a. Keterbukaan informasi kepada masyarakat, termasuk ketersediaan informasi pada situs web Perseroan;
    b. Penyampaian laporan kepada OJK tepat waktu;
    c. Penyelenggaraan dan dokumentasi Rapat Umum Pemegang Saham;
    d. Penyelenggaraan dan dokumentasi rapat Direksi dan/atau Dewan Komisaris; dan
    e. Pelaksanaan program orientasi terhadap perusahaan bagi Direksi dan/atau Dewan Komisaris.
(4) Sebagai penghubung antara Perseroan dengan pemegang saham Perseroan, Otoritas Jasa Keuangan, dan pemangku kepentingan lainnya.

Laporan Pelaksanaan Tugas Sekretaris Perusahaan
Pada 2019, Sekretaris Perusahaan telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, sebagai berikut:
1. Menyediakan informasi Perseroan yang meliputi laporan keterbukaan informasi terkait informasi RUPS, laporan keuangan berkala, laporan tahunan, paparan publik, laporan registrasi saham, laporan insidental lainnya serta memberikan informasi yang diperlukan oleh Pemegang Saham dan Pemangku Kepentingan Perseroan.
2. Melaksanakan fungsi-fungsi GCG di tingkat Perseroan.
3. Mengkoordinasikan dan mengikuti rapat-rapat Perseroan seperti RUPS, dan rapat yang diadakan oleh Dewan Komisaris, Direksi, Komite Audit, Komite Nominasi dan Remunerasi, serta paparan publik.
4. Mencatat risalah rapat Dewan Komisaris, Direksi, Komite Audit, dan Komite Nominasi dan Remunerasi.

Program Pengembangan Kompetensi Sekretaris Perusahaan

Indocement, Produsen Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali