altimage
INTP:IJ Rp. 12.450 altimage 2,68%
22-Oct-2020 15:47
altimage
INTP:IJ Rp. 12450 altimage 2.68%
22-Oct-2020 15:47

Sistem Pengendalian Internal

Uraian Singkat mengenai Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Sistem Pengendalian internal (Internal Control System/ ICS) adalah proses yang dirancang dan dijalankan oleh Dewan Komisaris, Direksi dan anggota manajemen lainnya serta seluruh personil Perseroan, yang ditujukan untuk memberikan keyakinan yang memadai atas tercapainya efektivitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan serta kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

ICS juga dilakukan untuk mengamankan investasi dan asetnya, kepatuhan kepada peraturan dan kebijakan yang berlaku, serta mendorong efisiensi dan efektivitas operasi Perseroan. ICS berjalan di seluruh organisasi termasuk Direksi dan seluruh jajaran manajemen Perseroan, dimana ICS memberikan arahan, panduan dan pengawasan, sementara Komite Audit dan Audit Internal memantau implementasinya.

ICS yang baik tidak dapat berdiri sendiri, melainkan membutuhkan kerjasama, komitmen dan dedikasi yang kuat dari semua pihak serta membutuhkan koordinasi dengan auditor eksternal. Koordinasi ini penting agar seluruh proses audit dapat diimplementasikan secara komprehensif, efisien, dan efektif. ICS diterapkan di semua bidang operasional dan keuangan, sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Tujuan dari ICS adalah:
1. Memenuhi kepatuhan terhadap peraturan dan undang-undang yang dikeluarkan oleh pemerintah serta kebijakan internal, ketentuan, peraturan Perseroan.
2. Memastikan informasi keuangan dan manajemen akurat, lengkap, transparan, dan tepat waktu.
3. Memastikan penggunaan aset Peseroan secara efektif dan efisien untuk melindungi Perseroan terhadap risiko kerugian dan kebocoran.
4. Mengurangi risiko dan dampak kerugian, penyimpangan, penipuan, dan penyalahgunaan.
5. Menanamkan budaya perusahaan dalam mengidentifikasi dini kelemahan dan kecurangan, penilaian kewajaran atas kebijakan, dan perbaikan prosedur terkait.
6. Memastikan bahwa pengelolaan pabrik telah dilaksanakan sesuai prosedur operasi standar yang telah disepakati.

Evaluasi terhadap Efektivitas Sistem Pengendalian Internal Perusahaan

Perseroan mengevaluasi efektivitas pelaksanaan ICS secara berkelanjutan. ICS telah diterapkan secara menyeluruh melalui Enterprise Resource Planning (ERP)/sistem e-Workflow. Semua tahap, termasuk pabrikasi, penjualan dan distribusi, pengadaan barang dan jasa, persediaan bahan, sumber daya manusia, keuangan dan akuntansi serta administrasi umum telah memiliki ICS built-in modules.

Pemantauan dan mitigasi risiko utama di pabrik serta aktivitas keuangan selalu menjadi prioritas dan bagian dari kegiatan sehari-hari ICS dan dijalankan oleh Komite Audit dan Internal Audit.

Indocement, Produsen Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali