altimage
INTP:IJ Rp. 12.000 altimage 0,84%
20-Oct-2020 18:11
altimage
INTP:IJ Rp. 12000 altimage 0.84%
20-Oct-2020 18:11

Audit Eksternal

Fungsi pengawasan independen terhadap aspek keuangan Perseroan dilakukan dengan melaksanakan pemeriksaan Audit Eksternal yang dilakukan oleh Kantor Akuntan Publik (KAP). Auditor Eksternal yang memeriksa laporan keuangan Perseroan tahun buku 2019 ditetapkan melalui RUPS Tahunan berdasarkan rekomendasi dari Dewan Komisaris dan Komite Audit. Proses pemilihannya dilakukan sesuai dengan mekanisme pengadaan barang dan jasa yang berlaku. Untuk menjamin independensi dan kualitas hasil pemeriksaan, Auditor Eksternal yang ditunjuk tidak boleh memiliki benturan kepentingan dengan Perseroan.

Mekanisme Penunjukan Akuntan Publik
Dalam mekanisme penunjukan Akuntan Publik, Perseroan mengacu pada POJK No.13/POJK.03/2017 tentang Penggunaan Jasa Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik dalam Kegiatan Jasa Keuangan. Peraturan tersebut menyebutkan bahwa sesuai dengan prinsip penerapan GCG, penunjukan Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik dilakukan melalui mekanisme RUPS dan mempertimbangkan usulan dari Dewan komisaris.
Berdasarkan keputusan RUPS Tahunan tanggal 21 Mei 2019, Perseroan telah menunjuk Kantor Akuntan Publik "Purwantono, Sungkoro & Surja" (anggota dari Ernst & Young Global Limited) untuk mengaudit buku Perseroan tahun buku 2019 sesuai rekomendasi dari Dewan Komisaris.

Laporan keuangan konsolidasian Indocement dan entitas anak tahun 2019 diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja (anggota Ernst & Young Global Limited) dengan biaya audit sebesar Rp4,569 miliar tidak termasuk pajak.

Perseroan memerhatikan ketentuan terkait auditor eksternal yang dikeluarkan oleh OJK, khususnya perihal independensi serta pembatasan penugasan audit bagi Akuntan Publik dan KAP untuk dapat memberikan jasa profesional dalam bentuk jasa audit umum.

Jasa Lain Selain Audit Keuangan
Selama 2019, Kantor Akuntan Publik Purwantono, Sungkoro & Surja hanya memberikan jasa audit keuangan kepada Perseroan.
Hasil audit 2019 menyatakan bahwa laporan keuangan Perseroan dilaporkan secara wajar sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan di Indonesia.

Indocement, Produsen Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali