Tanggung Jawab

Tanggung Jawab

Pengembangan Kemasyarakatan

Indocement sangat menyadari bahwa keberadaan Perseroan merupakan bagian dari masyarakat. Pertumbuhan usaha yang diraih Indocement selama ini juga tak lepas dari peran serta masyarakat. Untuk itu, Perseroan memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pengembangan sosial kemasyarakatan yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan sosial budaya masyarakat.

Pelaksanaan CSR pada aspek sosial kemasyarakatan diarahkan pada program program yang bersifat memberdayakan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat di lokasi sekitar Perseroan beroperasi. Keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan dan pengembangan program lebih diutamakan sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh mereka. Program pemberdayaan masyarakat yang dikembangkan oleh Perseroan ini mempunyai tujuan untuk menciptakan kemandirian di masyarakat baik secara ekonomi, sosial, dan lingkungan

Pelibatan Pemangku Kepentingan

Agar pelaksanaan program tanggung jawab sosial yang dijalankan dapat berjalan dengan lebih baik serta mengetahui kebutuhan masyarakat, Indocement melakukan Forum Komunikasi Program CSR (Bina Lingkungan Komunikasi/Bilikom) yang dijalankan paling tidak setiap empat bulan. Dalam forum Bilikom, Perseroan mendengar dan mendata aspirasi masyarakat untuk kemudian diterjemahkan dalam program yang akan dijalankan. Perseroan berusaha untuk menyesuaikan program yang akan dijalankan dengan kerangka pelaksanaan yang telah ditetapkan.

Selain forum Bilikom, Perseroan juga menggunakan data hasil social mapping yang telah dilakukan oleh salah lembaga tersertifikasi untuk mengetahui keterlibatan pemangku kepentingan.

Tenaga Kerja dan Pemasok Lokal

Perseroan memiliki kebijakan terhadap tenaga kerja dan pemasok lokal. Perseroan memberikan kesempatan kerja kepada seluruh masyarakat sesuai dengan kualifikasi yang dipersyaratkan. Perseroan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masyarakat untuk mendukung proses produksi, sebagai contoh palet untuk pengiriman semen, rambu-rambu K3, serbuk gergaji dan sekam padi.

FOLLOW US ON