altimage
INTP:IJ Rp. 19.325 altimage -0,77%
17-Oct-2017 17:16
altimage
INTP:IJ Rp. 19325 altimage -0.77%
17-Oct-2017 17:16

Local Hero

Keseluruhan program CSR Indocement, selain mengacu kepada 5 Pilar CSR yaitu (1) pendidikan, (2) kesehatan, (3) ekonomi, (4) sosial budaya dan (5) keamanan, juga meliputi pengembangan masyarakat secara berkelanjutan (Sustainable Development Program/SDP) yang bertujuan untuk membangun kehidupan bermutu agar terbentuk masyarakat mandiri di desa binaan.

Keberhasilan program CSR Indocement tidak terlepas dari peran local hero. Dalam pembentukan local hero, Indocement selalu menanamkan kesamaan visi dan misi CSR yang bertujuan menjadikan local hero sebagai penggerak dan motivator bagi masyarakat lainnya. Sebagaimana yang dinyatakan di dalam visi CSR Perseroan, tujuan akhir program pemberdayaan adalah untuk membangun masyarakat mandiri berkelanjutan yang dilaksanakan bertahap dengan perencanaan lima tahunan yang jelas.

Indocement telah menciptakan 100 local hero yang berada di desa sekitar lokasi operasionalnya dan diharapkan jumlah tersebut dapat terus berkembang dan memberikan pengaruh cukup besar bagi masyarakat penerima manfaat lainnya.

Jumlah local hero untuk program CSR Indocement dalam periode 2013-2015 adalah sebagai berikut:

Peran local hero dalam mendukung keberhasilan program CSR Indocement dapat dilihat dari beberapa penghargaan yang diraih Indocement selama tahun 2015, antara lain:

27 Juli 2015 - Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya (GPMB) Awards 2015
Dianugerahkan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Penghargaan yang diterima:
1. Penghargaan Platinum, SDGs tujuan 4, Bidang Program Penciptaan Akses terhadap Air Minum / Bersih dan Sanitasi Lingkungan “Pengelolaan Air Bersih Mandiri Berbasis Masyarakat” di desa Maitan, Tambakromo, Kabupaten Pati.
2. Penghargaan Gold, SDGs tujuan 2, Bidang Program Peningkatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Miskin “Kelompok Wanita Tani Nusa Indah” di desa Bantarjati, Kabupaten Bogor.
3. Penghargaan Gold, SDGs tujuan 3, Bidang Program Pelayanan Kesehatan Anak Balita “Posyandu Multifungsi” di desa Jati Endah, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung.
4. Penghargaan Gold, tujuan SDGs 14, Bidang Program Partisipasi dalam Pemberdayaan Laut dan Pesisir “Pengembangan Wisata dan Konservasi Mangrove Desa Langadai” di Desa Langadai, Tarjun, Kalimantan Selatan.
5. Penghargaan Silver, SDGs tujuan 4, Bidang Program Pendidikan di Semua Tingkatan “Sekolah Mandiri Berbasiskan Masyarakat Petani dan Nelayan” di desa Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. 
6. Terbaik 3, kategori Perorangan Tingkat Pelaku Mitra oleh Dedi Achmadi, Ketua Koperasi Serba Usaha Rancage, desa Pasirmukti, Kabupaten Bogor.

4 Juni 2015 - Indonesia Green Awards 2015
Dianugerahkan oleh The La Tofi School of CSR bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Penghargaan yang diterima adalah untuk kategori sebagai berikut:
1. Pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (Program Budidaya Tanaman Jarak sebagai Sumber Bahan Bakar Alternatif)
2. Pengembangan Pengolahan Sampah Terpadu (Program Gerakan 1.000 Kampung Swakelola Sampah)
3. Penyelamatan Sumber Daya Air (Program Kampung Iklim/Proklim, Desa Cupang, Kabupaten Cirebon)
4. Pengembangan Keanekaragaman Hayati (Program Pengembangan Hutan Wisata Mangrove, Desa Langadai, Kec. Kelumpang Hilir, Kotabaru, Kalimantan Selatan)
5. Pelopor Pencegahan Polusi (Program Mekanisme Pembangunan Bersih/CDM)

Uraian yang lebih rinci mengenai daftar local heroes yang berhasil beserta bidang usahanya, disajikan dalam Laporan Keberlanjutan.

42 Tahun Membangun Indonesia KOKOH