altimage
INTP:IJ Rp. 19.675 altimage -0,38%
13-Dec-2018 17:04
altimage
INTP:IJ Rp. 19675 altimage -0.38%
13-Dec-2018 17:04

Prinsip & Kebijakan

PRINSIP DAN KEBIJAKAN

Indocement ingin terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat dengan menciptakan hubungan yang harmonis dengan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, keberadaan Perseroan dapat memberi manfaat seluas-luasnya dan memenuhi harapan para pemangku kepentingan, yakni pelanggan, mitra kerja, pemerintah, pemegang saham, pegawai dan masyarakat sekitar.

Perseroan berkeyakinan bahwa dengan pendekatan yang seimbang antara kinerja ekonomi, kinerja lingkungan, dan kinerja sosial, akan  mendukung peran Perseroan dalam  mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Kegiatan pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengorbankan kepentingan generasi mendatang.

Wujud nyata dari komitmen Perseroan tersebut adalah dengan menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). Indocement memiliki komitmen yang besar dalam menjalankan program CSR. Hal ini salah satunya ditunjukan dengan membentuk CSR & Security Division yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan kegiatan CSR Perseroan dan bertanggung jawab kepada Direktur.

Keberadaan CSR & Security Division menunjukan bahwa CSR telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam operasional Perseroan. Program kerja yang dijalankan Perseroan juga diselaraskan dengan kegiatan CSR yang dijalankan, demikian juga sebaliknya.

Komitmen Perseroan terhadap program CSR juga tak lepas dari komitmen HeidelbergCement Group yang sudah sejak lama dikenal sebagai kelompok usaha yang memiliki perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan berkelanjutan.

Sebagaimana diketahui pada 2016, pelaksanaan kegiatan CSR Indocement memasuki level baru, dimana kegiatan yang dijalankan Perseroan juga diarahkan untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG) yang telah dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui tiga pendekatan, yakni pembangunan ekonomi, keterbukaan dalam tatanan sosial, serta keberlangsungan lingkungan hidup.

Memasuki tahun 2017, seiring dengan diluncurkannya “HeidelbergCement Sustainability Commitments 2030”, Perseroan kembali menyempurnakan arah kebijakan dan program CSR yang dijalankan. HeidelbergCement Sustainability Commitments 2030 merupakan panduan kebijakan keberlanjutan HeidelbergCement Group, yang menjelaskan prinsip-prinsip inti dari perilaku berkelanjutan HeidelbergCement Group, antara lain : 

  • Mendorong penguatan ekonomi dan inovasi
  • Tercapainya kesehatan dan keselamatan kerja yang unggul
  • Mengurangi jejak lingkungan
  • Menciptakan perputaran ekonomi
  • Menjadi mitra yang baik
  • Memastikan kepatuhan serta terciptanya transparansi perusahaan.

Prinsip-prinsip inti tersebut menjadi landasan bagi Indocement dan CSR & Security Division dalam menyusun dan menjalankan program kerjanya. di bidang CSR yang mengacu kepada SDGs.

Atas komitmen terhadap lingkungan serta usahanya dalam mendukung nilai keberlanjutan ke dalam misi dan produk perusahaan, untuk pertama kalinya Indocement menerima penghargaan Sustainable Business Awards Indonesia 2016 untuk kategori Best Strategy and Sustainability Management yang diselenggarakan atas kerjasama antara Global Initiative dengan PricewaterhouseCoopers (PwC). Perseroan juga menerima penghargaan “Asia’s Best Companies 2016” dari FinanceAsia untuk kategori “Best at Corporate Social Responsibility (6th)”. Hal ini menunjukkan pengakuan dari pihak luar atas dedikasi dan keberhasilan nyata dari program-program CSR yang dilaksanakan Perseroan.

43 Tahun Membangun Indonesia KOKOH