altimage
INTP:IJ Rp. 19.325 altimage -0,77%
17-Oct-2017 17:16
altimage
INTP:IJ Rp. 19325 altimage -0.77%
17-Oct-2017 17:16

Internal Audit

Definisi

Internal Audit adalah suatu kegiatan pemberian keyakinan (assurance) dan konsultasi yang bersifat independen dan obyektif, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai dan memperbaiki operasional perusahaan, melalui pendekatan yang sistematis, dengan cara mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko, pengendalian, dan proses tata kelola perusahaan. 

Acuan Hukum

Berdasarkan Peraturan No. IX.I.7 lampiran Keputusan Ketua Bapepam dan LK No. Kep-496/BL/2008 tanggal 28 November 2008 juncto Peraturan OJK No. 56/POJK.04/2015 tanggal 23 Desember 2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Unit Internal Audit, Indocement membentuk Internal Audit Division yang bertugas menjalankan fungsi Internal Audit di Perseroan.

Piagam Internal Audit

Sesuai Peraturan No. IX.I.7 tersebut di atas, Indocement telah mempunyai Piagam Internal Audit sebagaimana ditetapkan pada 21 Agustus 2008.

Piagam Internal Audit Indocement antara lain mengatur tentang: 
(1) Tujuan Internal Audit Division; 
(2) Wewenang, struktur dan kedudukan Internal Audit Division; 
(3) Tanggung jawab Internal Audit Division; 
(4) Standar etika Internal Audit Division;
(5) Panduan Internal Audit Division.

Struktur dan Kedudukan Internal Audit Division

Internal Audit Division dikepalai oleh Internal Audit Division Manager yang bertanggung jawab kepada Direktur Utama. Saat ini, Internal Audit Division Manager Indocement adalah Prayudhi Purba Kesuma sebagaimana penetapan Surat Keputusan Pengangkatan Direksi Perseroan No. 001/Kpts/Dir/ITP/I/2015 tanggal 14 Januari 2015. 

Prayudhi Purba Kesuma menjabat sejak tanggal 2 Februari 2015 menggantikan Pigo Pramusakti. Penggantian Internal Audit Division Manager ini telah dilaporkan kepada OJK dengan Surat No. 010/CSD/ITP-Dir/I/2015 tanggal 30 Januari 2015 tentang Perubahan Pejabat Internal Audit Division Manager Indocement.

Profil Internal Audit Division Manager

Prayudhi Purba Kesuma

Warga Negara Indonesia, usia 44. Beliau menjabat  sebagai Manajer Divisi Internal Audit sejak Februari 2015. Sebelumnya beliau adalah Group Tax Department Head di Indocement. Sebelum bergabung dengan Indocement,  beliau pernah menjabat sebagai Manajer Akunting, Finance Controller dan Deputi Direktur Keuangan di beberapa perusahaan multinasional. Beliau juga pernah menjadi Auditor di Kantor Akuntan Publik KPMG dan Ernst & Young. Meraih gelar Sarjana Ekonomi jurusan Akuntansi pada 1996 dari Universitas Trisakti, Jakarta, Indonesia.

Tugas dan Tanggung Jawab Internal Audit Division 

Internal Audit Division melakukan penilaian terhadap proses, risiko dan sistem pengendalian di Perseroan dan entitas anak. Selain itu, divisi ini juga melaksanakan fungsi audit terhadap operasional Perseroan. Internal Audit Division membantu setiap anggota manajemen dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka secara efektif, seperti:
1. Untuk membantu semua anggota manajemen dalam pelaksanaan tanggung jawab secara efektif dengan cara:
    - Memberikan analisa dan penilaian yang obyektif mengenai kegiatan yang dikaji ulang
    - Mengidentifikasi berbagai operasi dan praktik yang baik sebagai sharing
    - Mengidentifikasi kelemahan/ kekurangan desain sistem
    - Mengkaji ulang efektivitas prakarsa mitigasi risiko
    - Mengkaji ulang efektivitas implementasi GCG
2. Menilai desain, efektivitas dan penerapan pengendalian administrasi, keuangan, operasi dan keamanan serta keandalan dan integritas data terkait yang dikembangkan dan dilaporkan oleh Perseroan;
3. Mengevaluasi kecukupan dari kepatuhan terhadap rencana, kebijakan dan prosedur dan kepatuhan Perseroan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku;
4. Memastikan kecukupan kontrol untuk menjaga aset Perseroan dan, jika dipandang tepat, memverifikasi keberadaan aset;
5. Melakukan audit khusus yang ditugaskan langsung oleh Manajemen Perseroan, Direksi atau Komite Audit; 
6. Melakukan penilaian terhadap penggunaan yang ekonomis dan efisien atas sumber daya Perseroan dan membuat rekomendasi yang tepat untuk manajemen. 
Internal Audit memberikan jaminan, serta konsultansi yang bersifat independen dan obyektif, untuk menghasilkan nilai tambah dan meningkatkan kegiatan operasional. Divisi Internal Audit menyokong maksud dan tujuan Perseroan melalui pendekatan yang sistematis, teratur, dan terstruktur dalam mengevaluasi dan meningkatkan efektivitas manajemen resiko, pengendalian internal, dan proses tata kelola.

Pelaksanaan Internal Audit

Divisi Internal Audit selalu bekerja untuk memastikan bahwa sistem pengendalian internal dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan penerapan prosedur pengendalian sesuai dengan Manual Kerja dan Piagam Internal Audit Perseroan. Sebagai acuan ke arah global best practices, Internal Audit Division juga menggunakan standar dan kode etik yang diterbitkan oleh Institute of Internal Auditor (IIA).

Pelaporan Divisi Internal Audit

Internal Audit Division menyampaikan laporan Kepada Dewan Komisaris, Komite Audit dan Direksi yang terdiri dari:
a. Laporan Hasil Audit
b. Rangkuman Laporan Tindak Lanjut atas Hasil Audit
c. Laporan Realisasi Kegiatan Audit

Kegiatan Internal Audit Division 

Internal Audit Division melakukan rapat baik secara regular maupun insidental dengan Direksi dan Komite Audit mengenai efektivitas sistem pengendalian internal. Internal Audit Division bertanggung jawab menjaga standar dan kecukupan ruang lingkup pemeriksaan, temuan, dan efektivitas proses audit, serta memastikan bahwa Internal Audit Division memiliki sumber daya yang memadai untuk dapat memenuhi kemandiriannya.

Selama 2015, Internal Audit Division melakukan audit pada 19 proses bisnis, yang menghasilkan 98 temuan audit. Temuan ini dilaporkan kepada Dewan Komisaris melalui Komite Audit, yang menyeleksi, dan meneruskan temuan-temuan yang kritikal kepada Direksi untuk ditindaklanjuti.

 

42 Tahun Membangun Indonesia KOKOH