altimage
INTP:IJ Rp. 19.325 altimage -0,77%
17-Oct-2017 17:16
altimage
INTP:IJ Rp. 19325 altimage -0.77%
17-Oct-2017 17:16

Penilaian Kinerja Dewan Komisaris

Prosedur pelaksanaan penilaian (assessment) atas kinerja Dewan Komisaris
• Dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya, Dewan Komisaris melakukan penilaian sendiri (self-assessment)  atas kinerjanya, yang kemudian dievaluasi oleh Pemegang Saham dalam RUPS. Kinerja Dewan
Komisaris ditentukan berdasarkan tugas kewajiban yang tercantum dalam peraturan perundang- undangan yang berlaku dan Anggaran Dasar maupun amanat Pemegang Saham.
• Kriteria evaluasi kinerja Dewan Komisaris diajukan oleh Dewan Komisaris berdasarkan rekomendasi Komite Nominasi dan Remunerasi kepada Dewan Komisaris untuk ditetapkan dalam RUPS.

Prosedur pelaksanaan penilaian (assessment) atas kinerja Dewan Komisaris dapat diilustrasikan dalam bagan sebagai berikut:

Kriteria yang digunakan dalam pelaksanaan assessment atas kinerja Dewan Komisaris Kriteria evaluasi kinerja Dewan Komisaris sekurang- kurangnya terdiri atas sebagai berikut:
1. Tingkat kehadiran dalam Rapat Dewan Komisaris, Rapat Dewan Komisaris dengan Direksi maupun Rapat Dewan Komisaris dengan Komite;
2. Kontribusi dalam melakukan tugas-tugas pengawasan dan pemberian nasihat kepada Direksi atas pengurusan Perseroan;
3. Pencapaian program kerja Komite-komite Dewan Komisaris;
4. Pengetahuan bisnis dan identifikasi risiko bisnis;
5. Komitmen dalam memajukan kepentingan Perseroan;
6. Penerapan GCG;
7. Ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku, Anggaran Dasar, ketentuan RUPS, serta kebijakan Perseroan.

Pihak yang Melakukan Assessment
• Pihak yang melakukan penilaian dan evaluasi terhadap kinerja Dewan Komisaris adalah pemegang saham melalui mekanisme RUPS, di mana pertimbangan penilaian tersebut diambil berdasarkan laporan hasil penilaian sendiri (self- assessment) yang dilakukan Dewan Komisaris melalui Rapat-Rapat Dewan Komisaris
• Hasil evaluasi terhadap kinerja Dewan Komisaris secara keseluruhan dan kinerja masing-masing Anggota Dewan Komisaris secara individual akan merupakan bagian tak terpisahkan dalam skema kompensasi dan pemberian insentif bagi Anggota Dewan Komisaris. Hasil evaluasi kinerja masing- masing Anggota Dewan Komisaris secara individual merupakan salah satu dasar pertimbangan bagi Pemegang Saham untuk memberhentikan dan/atau menunjuk kembali Anggota Dewan Komisaris yang bersangkutan.

 

42 Tahun Membangun Indonesia KOKOH